Buruknya Otoritas Kita, Ratusan Nyawa Melayang Lion Air Maskapai Pembunuh Terus Melenggang

Foto : Nasional Tempo
google news, lamanqu

Palembang, lamanqu.id – Jatuhnya Lion Air JT-610 di laut karawang, melahirkan kejujuran air mata, kesedihan tak dapat lagi dinamai, sekaligus kegelisahan tanpa bentuk. Mengingat baru beberapa jenazah dievakuasi, kita berdoa semoga jenazah-jenazah lain segera ditemukan.

Basarnas, TNI, sekaligus pihak kepolisian kita doakan diberikan kemudahan dalam mengevakuasi jenazah di laut karawang.

Bacaan Lainnya

Musibah Lion Air membuat semua maskapai penerbangan meningkatkan keamanan baik yang bersifat teknis maupun non-teknis. Apalagi bulan-bulan hujan akan membuat semua maskapai penerbangan berpikir detil sebelum melakukan penerbangan.

Baca Juga :  Filsafat Islam Dalam Sejarah, Tak Banyak Orang Tau

Jatuhnya Lion Air JT-610 di laut karawang bukan serta merta tanpa ada rekam jejak penerbangan maskapai penerbangan Lion Air. Riwayat kecacatan Lion Air yang sering melakukan kelalaian dalam keamanan prosedural dan non-prosedural adalah bukti keseriusan maskapai Lion Air sudah saatnya perlu naik ke meja negara.

Kecelakaan kecil sudah sering dilakukan Lion Air. Sudah sangat sering terjadi tergelincirnya roda pesawat. Beberapa kali gagal mendarat. Dan maskapai penerbangan Lion Air sejauh ini belum bisa berbenah untuk mencari kulminasi solusi, sampai harus tiba jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 kemarin di laut karawang, padahal pesawat milik maskapai Lion Air yang hendak menuju pangkal pinang kemarin masih berusia kurang lebih dua tahun.

Baca Juga :  Sejarah Hari Ayah Nasional, Berawal dari Peringatan Hari Ibu

Para pengamat dunia penerbangan mengatakan diusia muda pesawat yang jatuh kemarin merupakan satu dari kesekian pertanyaan yang harus dijawab oleh pihak maskapai penerbangan Lion Air, tentu kita menunggu keterangan yang sistematis dari pihak Lion Air atas musibah tersebut sambil menunggu hasil proses penyelidikan lebih lanjut. Sekaligus menunggu juga sampai ditemukannya kotak hitam milik pesawat yang jatuh tersebut guna menguraikan dan menjawab sebab-sebab jatuhnya pesawat.

Untuk keselamatan manusia, negara tidak perlu menimbang-nimbang begitu panjang apalagi harus berpatok pada nilai komersil. Ketika semua bukti-bukti lengkap, akurat dan terinci. Bahwa maskapai penerbangan Lion Air sudah lama bermasalah, dan jatuhnya pesawat Lion Air di karawang kemarin banyak kelalaian teknis dan non-teknis dari maskapai penerbangan Lion Air, maka tak ada solusi lain.

Baca Juga :  Indonesia: 'No Survivors' After Lion Air Flight Crashes Into Sea

Ya, Lion Air harus segera diratakan alias maskapai Lion Air harus dicabut izin operasi dari segala bentuk penerbangan. Tak jauh berbeda dari kasus Adam Air beberapa tahun silam yang dengan bijaksana berhenti operasi untuk menghormati nilai-nilai kemanusiaan yang lebih mahal dan tinggi. Sekadar meraup keuntungan nilai komersil dari sebuah usaha dunia penerbangan. Selasa, 30 Oktober 2018

Penulis: As Dani

 

banner pemkot, selamat idul adha, banner hari raya kurban

pecah rekor muri

banner pemkot, selamat ramadhan

Pos terkait