Hut TNI 73 Tahun Di Bumi Sriwijaya Diramaikan Dengan Parade Merah Putih

News
HUT ke-73 TNI gelar Pawai Bendera Merah Putih

Palembang, lamanqu.id –Pawai Bendera Merah Putih (Flag Relay) dalam rangka menyambut HUT ke-73 TNI tahun 2018 tiba di Bandara Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II Palembang disambut langsung oleh Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Iman Budiman, S.E. didampingi Danlanud dan Danlanal serta Kapolresta Palembang, Sabtu (29/9/2018) Siang.

Sebelumnya, Pawai Bendera Merah Putih (Flag Relay) mulai Star dari titik Nol kilometer di Pulau Sabang Banda Aceh pada Jumat (28/9) siang kemaren dibawa menggunakan Kapal KRI Hasan TNI AL menuju Pelabuhan Mahalayati dan diarak menggunakan kendaraan darat menuju Makodam IM. Pada Sabtu (29/9) pagi dari Bandara Sultan Iskadara Muda (SIM) menuju Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Riau menggunakan Pesawat TNI AU untuk diarak diwilayah Kodam I/Bukit Barisan dan disiang harinya dibawa menuju Palembang.

Setibanya di Bumi Sriwijaya, dari Bandara SMB II Palembang Pawai Bendera Merah Putih (Flag Relay) setelah diterima Danrem 044/Gapo dilanjutkan diarak menggunakan Kendaraan TNI AD diiringi kendaraan dari komunitas Off Road, Moge (Motor Gede), Go-Jeg dan Sepeda melintasi Jalan-Jalan Protokol di Kota Palembang dan berakhir di Kambang Iwak (KI) tepatnya di halaman Rumah Dinas Kota Palembang. Dan dilanjutkan arakan dengan jalan kaki menuju Pelataran Benteng Kuto Besak diiringi prajurit TNI, Polri, Mahasiswa/Pelajar dan tarian adat Palembang serta Drum Band.

Di Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) tepatnya di belakang Sungai Musi, para peserta Flag Relay dimeriahkan aksi pembentangan Bendera Merah Putih sebesar 3 ribu meter persegi. Bendera merah Putih Raksasa ini pernah mendapat Rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan waktu pengerjaan 5 hari 5 malam dan dijahit oleh ribuan Siswa Siswi SMA-SMK/Sederajat se-Kota Palembang.

Pawai ini menyita perhatian masyarakat, sehingga sejumlah elemen masyarakat tumpah ruah di sejumlah ruas jalan utama Kota Palembang.  Dan Pawai ini sempat disambut oleh perwakilan Walikota Palembang di Rumah Dinas Walikota Palembang, sebelum menuju ke Pelataran Benteng Kuto Besak, tempat pembentangan bendera berlangsung.

“Saya selaku Pangdam II/Sriwijaya dan atas nama masyarakat Sumatera Selatan mengucapkan selamat datang di Bumi Sriwijaya,” ujar Mayjen TNI Irwan dalam sambutannya.

Menurut Pangdam II/Sriwijaya, Palembang merupakan kota keempat yang disinggahi dalam Flag Relay ini.  “Pawai ini juga diikuti bersama TNI-Polri bersama masyarakat. Flag Relay Sang Merah Putih keliling Indonesia bertujuan untuk membangkitkan jiwa nasionalisme dan untuk menunjukkan bahwa antara TNI dan Rakyat tidak ada pemisah,” tegas Pangdam.

Direncanakan pada Minggu pagi tanggal 30 September 2018, Tim Flag Relay akan bertolak dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menuju Bandara Adi Sumarmo Solo Jawa Tengah. (Nopri)