Ahmad Yani – Juarsah Resmi Jabat Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim

News
Ahmad Yani -Juarsah Resmi Pimpin Muara Enim , Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim 2018

Palembang, lamanqu.id – Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim terpilih, Ahmad Yani dan Juarsah resmi menjabat usai dilantik oleh Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin, Selasa (18/9). Ahmad Yani dan Juarsah akan menahkodai Kabupaten Muara Enim periode 2018-2023.

Pelantikan berjalan lancar dan khidmat dengan dihadiri sejumlah pejabat OPD, perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta tokoh masyarakat Kabupaten Muara Enim yang berlangsung Gedung Palembang Sport Convention Center (PSCC).

Dalam pelantikan ini, Ahmad Yani dan Juarsah dilantik dan diambil sumpah Jabatan oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin bersama 6 pasangan Bupati/Walikota terpilih pada Pilkada Serentak 2018.

Adapun pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala daerah Gelombang Pertama ini adalah Kota Palembang, Kota Pagaralam, Kota Prabumulih, Kota Lubuk Linggau, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Banyuasin serta Kabupaten Empat Lawang.

Acara pelantikan diawali dengan pembacaan surat keputusan Kemendagri yang dibacakan petugas pelantikan. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah jabatan oleh masing-masing Kepala Daerah yang ditandatangani Bupati/Walikota terlantik beserta Gubernur Sumatera Selatan. Selanjutnya penyematan tanda pangkat dari Gubernur Sumsel kepada Bupati dan Walikota terlantik.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin saat menyampaikan kata-kata pelantikan menyebut acara pelantikan berjalan lancar dan khidmat meski penuh sesak dihadiri sejumlah pejabat, tokoh masyarakat dari sejumlah daerah. Alex menuturkan pelantikan dan sumpah jabatan 7 Kepala Daerah terdiri 4 Walikota dan 3 Bupati yang berlangsung merupakan bukti tanda telah terlaksananya dengan aman dan baik pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di provinsi Sumsel.

“Kita apresiasi setinggi-tingginya kepada KPU seluruh daerah yang melaksanakan Pilkada, jajaran keamanan TNI dan Polri serta segala elemen masyarakat yang bahu membahu, bekerja keras mendukung suksesnya Pilkada 2018,” kata Alex.

Kepada para Bupati dan Walikota yang telah resmi diberikan amanah oleh masyarakat, Alex meminta supaya mampu menjaga pencapaian pembangunan yeng telah dilaksanakan pemimpin sebelumnya. Alex juga berharap pelantikan menjadi momentum meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan, serta pelayanan masyarakat.

“Jangan sampai kegiatan sakral ini cuma jadi seremonial belaka, maka harus jadi momentum supaya pembangan diseluruh daerah semakin baik,”papar Alex

Alex juga meminta seluruh Kepala daerah mencontoh kerja keras dan keberhasilkan Pemprov Sumsel. Menurutnya, Pemprov Sumsel telah berhasil mewujudkan Provinsi Bumi Sriwijaya menjadi salah satu provinsi terbaik.
“Selama 4 tahun terakhir ada 140 lebih penghargaan presiden dan lembaga diberikan kepada Pemprov Sumsel,”tukasnya

Alex pun memberikan resep kepada Kepala Daerah agar sukses membangun daerah. Diantaranya Kepala Daerah wajib mencintai rakyatnya, banyak berada ditengah-tengah masyarakat. “Lalu ingat, jangan banyak bicara, tapi lakukanlah tindakan, hal ini lebih baik dan dibutuhkan,”ujarnya
Diakhir sambutannya, Alex juga menyampaikan kata perpisahan diakhir masa jabatannya sebagai Gubernur Sumsel selama 2 periode. Alex menyampaikan permohonan maaf bila selama menjabat banyak melakukan kesalahan, kekhilafan atau tindakan diluar semestinya.

“Namun saya mengajak seluruh kepala daerah tetap semangat berlomba-lomba memajukan daerah, seluruh infrastruktur dibangun harap dijaga, Jakabaring jangan turun pamor, songsong kejuaraan dunia tahun depan, 2020 optimis jadi tuan rumah Moto GP pertama di Indonesia,”pungkasnya.

Sementara pasangan Ahmad Yani dan Juarsah mengatakan bahwa siap memimpin Kabupaten berjuluk Bumi Serasan Sekundang periode 2018-2023. “Siap harus karena ini adalah amanah dari masyarakat dan harus dipertanggung jawabkan kepada allah swt,” terang Yani

Menurutnya, meskipun ada persaingan saat pemilihan itu semua itu untuk masyarakat, sehingga siapapun itu pasti memikirkan masyarakat. “Itu senior dan teman tentunya kita semua bersaudara dan tidak ada perbedaan,” imbuhnya.

Lanjutnya, pihaknya saat ini akan fokus merealisasikan sejumlah program-program yang telah dijanjikan. Menurutnya realisasi program telah ditunggu-tunggu masyarakat untuk mendukung pembangunan dan pelayanan masyarakat di Kabupaten Muara Enim.

“Ada banyak program siap digulirkan, namun yang kita dahulukan prioritas dulu seperti mendukung program sekolah dan berobat gratis, termasuk program seragam sekolah gratis SD dan SMP kita wujudkan tahun depan,”papar Yani.

Lebih lanjut, Yani juga meminta banyak doa dukungan dari seluruh OPD, DPRD Kabupaten Muara Enim, pegawai ASN serta seluruh elemen masyarakat agar seluruh program pembangunan yang rencanakan nanti berjalan sukses. (Eko)