HIMSSI SMA 5 Palembang Rebut Kapolda Cup 2018

Olahraga
Palembang , Sumatera Selatan , Turnamen HIMSSI Kapolda Cup Sum Sel  2018

Reporter: Fandi | Editor: Arjeli SS

Palembang, lamanqu.id-Penutupan Open Turnamen HIMSSI Kapolda Cup Sum Sel  2018 berakhir. HIMSSI Komisariat SMA Negeri 5 berhasil menduduki Juara Umum 1, PSHT Juara umum 2, Satria Mandiri Juara Umum 3. Kejuaraan yang bertajuk Open Tournament Pencak Silat HIMSSI Kapolda Sumsel Tahun 2018, dibuka dan ditutup oleh Kapolda Sumsel Irjen-Pol. Zulkarnaen Adi Negara yang berlangsung semenjak dari tanggal 28-31 Juli 2018, di Gedung OPI Convention Centre (OCC), Jakabaring Palembang.

Sekum IPSI Sumsel Bpk. Drs. M. Darlis Sidi, menyampaikan kepada hadirin pada acara pembukaan Open Tournament Pencak Silat HIMSSI, merebutkan Piala Kapolda Sumsel Tahun 2018, ajang yang merupakan bagian dari seleksi untuk mendapatkan calon pesilat untuk di turunkan pada Popwil mendatang. Hal ini di karenakan tidak tersedianya data pada Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel.

Disampaikan Darlis, jumlah Peserta dibatasi kuota total 200 peserta terdiri dari 138 orang Putra dan 62 orang pesilat Putri. Dengan Usia 14-17 tahun yang merupakan utusan dari perguruan pencak silat tiap sekolah. Sementara itu, masih kata Darlis, Kategori yang dipertandingkan yaitu, tunggal Putra / Putri, Ganda Putra / Putri dan Beregu Putra / Putri, Serta tanding Fighter Kelas A-I (Putra) dan A-F (Putri).

Kapolda Sumsel Bpk. Irjen-Pol. Zulkarnaen Adi Negara yang merupakan pembina HIMSSI Sumsel dan Taruna Putra HIMSSI Tahun 1979. Jendral Polisi berbintang dua ini mengatakan bahwa jumlah mendali yang diperebutkan berjumlah 96 medali, yang terdiri dari 27 Medali Emas, 27 Medali Perak dan 42 mendali Perunggu.

“Alhamdullilah  ternyata even ini banyak sekali menarik minat para pesilat dan perguruan silat di Sumsel ini”, ujar Zulkarnain ketika diwewancara media.

Tercatat menurut lulusan Akabri, Akpol tahun 1985 ini, kejuaran ini diikuti sebnyak 21 perguruan silat terkenal di Palembang khususnya dan Sumsel pada umum nya, Seperti; Tapak Suci, PSHT, HIMSSI, IKS, Bintang Selatan, Satria Mandiri, Tunak Harapan dan lain lain.

Ditanya pesan dan kesan Pak Zul sebagai pemberi semangat para atlit yang usia meraka rata rata masih sebagai pelajar. Dia mengatakan, ” Saya bisa lulus AKABRI saat  itu karena mengantongi Sertifikat atau Piagam Penghargaan juara 2 Pencak Silat Tingkat Kota Palembang”, kenang nya.

Kegiatan yang disponsori dan dibiayai oleh PT. Sekawan Kontrindo (PT. SK) Pemilik Jakabaring Properti dalam hal ini diwakili bapak Suryadi, Felix dan Budi.

Sebagai Juara Umum SMA Negeri 5 Palembang pada saat pembagian hadiah menerimah yaitu Piala tetap juara umum 1 diterima oleh Bpk. Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Palembang, Bapak Sumin Eksan, S.Pd, MM. Sedangkan Piala bergilir di terima oleh pelatih sekaligus manager tim Pencak Silat SMA Negeri 5 Palembang, yaitu Darmayanti, S.E., MM.

Momen penyerahan Piala bergilir oleh Kapolda Sumsel Bpk. Irjen-Pol. Zulkarnaen Adi Negara yang merupakan pembina HIMSSI Sumsel ke manager tim silat SMA N 5 Darmayanti

Sementara HIMSSI SMA 5 Palembang menurunkan atlit atlitnya sebanyak 20 orang Atlit Kategori tanding kelas A-E (Putri), A,B,C,D,E,F,G,I (Putra) tunggal Putra dan Putri, Ganda Putra dan Beregu Putra.

Sebelah kiri Gunawan Ibrahim pesilat terbaik dari SMANLEE saat pertandingan berlangsung

Selain meraih juara umum 1 HIMSSI Komisariat SMA 5 Palembang atau yang dikenal dengan SMANLEE Palembang meraih predikat Pesilat terbaik putra atau pesilat Gunawan Ibrahim Kelas F Putra (59-63 KG). Gunawan Ibrahim merupakan siswa SMA 5 Palembang Kelas XI IPA 5 dan merupakan Siswa SMA 5 Palembang O2SN SMP tingkat Nasional di Jakarta tahun 2015.