Persembahan Baznas untuk Program Bedah Rumah

News

* Bawa Kunci Rumah, Apriyadi Buat Samsul Gembira

Sekayu, LamanQu.id – Seorang warga Desa Lumpatan II Kecamatan Sekayu Samsul tak bisa menahan rasa harunya, terlihat dari matanya yang berkaca-kaca saat menerima kunci rumah secara simbolis Bantuan Bedah Rumah Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Muba, Jumat (10/7/2020).

“Terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Muba dan BAZNAS yang telah membangun rumah kami. Kami sangat bahagia dapat kembali menempati rumah baru ini,” ucap Samsul.

Bantuan bedah rumah ini diberikan kepada Samsul karena rumah yang ditempati sebelumnya roboh pada bulan Mei 2020 lalu.

Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Drs H Apriyadi MSi yang menyerahkan kunci rumah secara simbolis tersebut mengucapkan selamat kepada Samsul karena telah bisa menempati kembali rumahnya yang layak dan telah dibangun kembali Dan berpesan kepada masyarakat Desa Lumpatan II dan sekitarnya, terutama kepada kepala desa dan perangkat, kalau ada masyarakat yang perlu uluran bantuan pemerintah agar didata dengan benar.

“Kami mohon kalau memang ada masyarakat kita yang benar-benar layak diberikan bantuan sampaikan kepada kami,” ujarnya.

Sekda juga mengucapkan terimakasih kepada BAZNAS Muba yang telah menjalankan amanah titipan orang mampu di Kabupaten Muba dan mengelola Perda Zakat dengan baik.

“Kita bersyukur Perda Zakat ASN dalam Kabupaten Muba ini sudah berjalan, ini bentuk keinginan kuat kita dalam membantu sesama. doakan mudah-mudahan Kabupaten kita kedepan tambah maju pendapatan pegawai juga tambah sehingga bisa lebih maksimal lagi membantu serta berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Apriyadi.

Lanjutnya pada masa menghadapi Pandemi Covid-19 ini ada beberapa bantuan dari pemerintah diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, Bantuan Sosial Tunai APBD, dan Bantuan Sembako baik dari Pemerintah Pusat maupun APBD Muba untuk masyarakat miskin terdampak Covid-19.

“Mohon pengertiannya untuk yang tidak mendapat, yang mendapat ini memang berhak dan juga hasil dari musyawarah desa. Kami mendapat informasi program ini berlanjut tiga bulan kedepan namun nilainya berbeda, begitu juga bantuan Pemerintah Daerah. Covid-19 sampai sekarang belum ada obatnya oleh karena itu harus tetap menjalankan protokol kesehatan dan pola hidup bersih dan sehat agar tidak terpapar wabah ini,” imbuhnya.

Sementara Ketua BAZNAS Muba Drs Lukman Hakim mengatakan BAZNAS mendapat amanah dari Bupati Muba untuk mengurus dana zakat dari ASN yang mayoritas setiap bulan terkumpul sebanyak Rp. 700 juta. Bedah rumah merupakan salah satu dari programnya dimana tahun 2020 ini sudah selesai sebanyak 43 rumah, dan tiga lagi dalam proses pembangunan.

“Kita semua sangat berterimakasih kepada Bupati Muba yang telah menerbitkan Perda Zakat sehingga dana zakat yang disalurkan tersebut dapat diberikan untuk membantu masyarakat. Tahun ini Desa Lumpatan II kita telah memberikan bantuan usaha individu kepada 24 orang,” tuturnya.

Selain penyerahan kunci rumah secara simbolis pada kegiatan ini juga diserahan bantuan kemanusiaan kepada kaum dhuafa diantaranya Sarah Lumpatan II yakni kepada Yusuf (tuna netra), Antawi (disabilitas), dan Yusmiati (sakit menahun).

Turut hadir diantaranya Kepala Dinas Sosial Muba Drs H Ahmad Nasuhi Kabag Kesra Ustad H Opi Palopi, Camat Sekayu Marko Susanto SSTP MM, Ketua MUI Muba H Thamrin Nawawi, dan Kepala Desa Lumpatan II Zazili Mustofa.