Kapolda Sumsel Buka Kegiatan Kesiapan Personil Hadapi Karhutla

News
Karhutla Polda Sumsel

Palembang, LamanQu id–Kapolda Sumsel Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri S., MM membuka acara Pelatihan Peningkatan Kemampuan Personil Polda Sumsel dalam rangka Pencegahan, Penanganan dan Penegakkan Hukum Karhutla di Wilayah Hukum Polda Sumsel di Lapangan Komplek Pakri Palembang, Kamis (9/7).

Diakui Kapolda dalam sambutannya bahwa Wilayah Sumsel masih memiliki banyak sekali hutan dan lahan perkebunan yang sangat luas.

“Sehingga ini dapat memicu terjadinya Karhutla,” ungkapnya.

Dia juga melihat bahwa Kebakaran Hutan dan Lahan yang terjadi di Wilayah Sumsel disebabkan oleh beberapa faktor.

Kendati itu, ia menyebutkan 2 (dua) faktor yang paling besar penyebabnya, ” pertama pergantian musim kemarau sehingga menimbulkan beberapa titik api dibeberapa wilayah, ” ucapnya.

Sedangkan faktor keduanya, Kapolda sampaikan yaitu,’ Adanya indikasi unsur kesengajaan yang dilakukan masyarakat yang merupakan cara yang murah dan mudah untuk mempersiapkan lahan yang siap ditanami kembali dengan cara sengaja dibakar,” paparnya.

“Untuk itu, Kapolda mengingat kan, ” peran Personil khususnya Babinkamtibmas sangatlah besar untuk melakukan pencegahan agar tidak terjadinya karhutla diwilayah masing-masing,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga, Kapolda mengucapkan terimakasih untuk rekan-rekan Babinkamtibmas yang telah bekerja luar biasa selama ini.

” Rekan-rekan Babinkamtibas itu multitasking (banyak fungsinya, red) kalo kita sebut dalam sebuah manajemen, karena memiliki banyak sekali kemampuan,” ucapnya.

Pada kesempatan itu juga Kapolda menyebut soal pemahaman tentang teknik pemadaman api.

Menurut nya, Ilmu memadamkan api itu sebenarnya tidak ada. Kendati itu ia mengaku Polisi harus mampu memadamkan api, sebab baginya Polisi mempunyai modal keberanian untuk memadamkan api.

“Oleh karena itulah menjadi pertimbangan kita,” imbuhnya, “untuk mengadakan pelatihan pencegahan, penanganan dan penegakkan hukum karhutla ini,” tegas Kapolda.

Kapolda pun berharap untuk daerah jajaran Polres-Polres ataupun juga Polsek-Polsek yang daerahnya rawan terjadinya karhutla untuk melakukan pelatihan yang sama agar dapat mencegah terjadinya karhutla diwilayah masing-masing.

” Dan itu, lanjutnya,” tetap tidak mengabaikan aturan-aturan atau SOP yang berlaku, ” Kapolda mengingatkan.

“Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh Personil atas kerja kerasnya selama ini dan telah semangat untuk berlatih,” ucapnya.

” Saya pun mengingatkan kepada seluruh personil untuk tetap menjaga kesehatan apalagi saat ini kita masih dalam Pandemi Covid-19 yang memasuki Fase New Normal sehingga Protokol Kesehatan harus tetap dijalankan disaat kita melakukan berbagai macam pelaksanaan tugas kita sehari-hari, ” tandasnya. (Ril/ari)