Kita Anggarkan Rp 200 Miliar untuk Seluruh Kepala Keluarga

News

* Selama Pandemi Virus Corona Melanda

Muara Enim, lamanqu.id – Guna meringankan beban masyarakat yang terdampak dalam status siaga darurat bencana non alam Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim segera menyiapkan anggaran sebesar Rp200 miliar untuk dibagikan dalam bentuk sembako kepada seluruh Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Muara Enim.

Hal tersebut disampaikan Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH dalam rapat kerja bersama jajarannya melalui video jarak jauh pada Rabu 15 April 2020 lalu.

“Kita anggarkan dana Rp200 juta bagi masyarakat Kabupaten Muara Enim terkait dampak Covid-19 yang sedang melanda,” tutur Plt Bupati Muara Enim saat rapat kerja bersama jajarannya melalui video jarak jauh.

Menurut Juarsah, sembako yang akan dibagikan bernilai Rp200 ribu per KK terdiri dari 10 Kg beras, satu botol besar kecap, satu Kg gula, garam, terigu dan minyak sayur.

“Seluruh KK akan mendapatkan bantuan tersebut kecuali ASN, TNI, Polri dan karyawan atau warga berpenghasilan tetap diatas Rp 2,5 juta,” terang Juarsah.

Seluruh data KK yang akan menerima bantuan di tiap-tiap kelurahan/desa se-Kabupaten Muara Enim sudah harus diserahkan oleh masing-masing camat kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Muara Enim.

Pemkab Muara Enim, lanjut Juarsah akan semaksimal mungkin mengurangi beban bagi masyarakat yang terdampak, terkhusus bagi warga kurang mampu atau berpenghasilan menengah kebawah.

“Hal tersebut telah diatur dalam Keputusan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan tentang Percepatan Penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2020 dalam Rangka Penanganan Daya Beli Masyarakat dan Perekonomian Nasional pada 9 April 2020 lalu,” pungkasnya. (Rlq)