Tak Guna Anak Cerdas, tapi Moral Rendah

Pendidikan

Palembang, lamanqu.id – Penutupan Community Service Sekolah Menengah Atas (SMA) Plus Negeri 17 Palembang dan Ajangsana Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan Sumatera Selatan berlangsung di Sekolah Dasar Negeri 128 Palembang Jalan Mekar Jaya Komplek Perumdam II Garuda Putra III, Sukajaya, Sukarami Palembang, Senin (24/02/2020).

Dalam kegiatan penutupan Community Service (Pengabdian Masyarakat) SMA Plus Negeri 17 Palembang itu, dihadiri oleh Ketua DWP Diknas Sumsel Triany Riza Fahlevi, Kepala Sekolah SMA Plus Negeri 17 Palembang Dr. Parmin Suwito S.Pd.MM, Kepala SD Negeri 128 Palembang, Emi Suryani S.Ag dan staf Guru dari SMA Plus Negeri 17 Palembang, Guru SD Negeri 128 Palembang serta anggota darma wanita Diknas Sumsel.

Dr. Parmin Suwito S. Pd. M.M menyampaikan bahwa kegiatan yang terlaksana di SD Negeri 128 Palembang ini merupakan rangkaian penutupan Community Service SMA Plus Negeri 17 Palembang Angkatan XI tahun 2019-2020.

Community service ini merupakan salah satu program unggulan SMA Plus Negeri 17 Palembang yang telah berjalan sejak tahun 2010. Dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas terhadap peserta didik sekaligus sebagai bentuk pengabdian masyarakat.

“Alhamdulillah kegiatan Comunnity Service SMA Plus Negeri 17 Palembang Angkatan XI Tahun 2019-2020 yang diselenggarakan di SD Negeri 128 Palembang berjalan lancar semoga melalui Kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta didik,”ungkapnya.

Kegiatan Comunnity Service yang telah berlangsung selama satu tahun ini dilaksanakan setiap hari
Kamis. Kali iniĀ  peserta didik memberikan edukasi kepada adik-adiknya di sekolah dasar dalam bidang kesehatan, pengelolahan lingkungan dan pembelajaran.

Tujuan kegiatan ini agar menumbuhkan rasa empati yang tinggi terhadap peserta didik kepada adik-adiknya di sekolah dasar atau lebih membekali bentuk tanggung jawab , kepedulian, kesetia kawanan dan soft skill.

“Anak-anak yang cerdas secara akademik tentunya harus mempunyai sikap yang lebih baik, karena tidak ada gunanya kalau anak itu cerdas kalau moralnya dan sikap sosialnya tidak bagus.
Jadi harus kita bangun rasa kepedulianya, rasa toleransi, sabar dan bertanggung jawab sehingga mampu berkomunikasi dan bersosialisasi lebih baik,” ulasnya.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan Sumsel Triany Riza Fahlevi sangat mengapresiasi atas terselenggaranya Kegiatan Comunnity Service salah satu program unggulan dari SMA Plus Negeri 17 Palembang ini.

“Saya pribadi sangat mendukung kegiatan yang bagus ini harapan saya agar sekolah-sekolah seperti sma dan SMK yang ada di Provinsi Sumatera Selatan dapat melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini agar dapat diprogramkan disekolah mereka masing-masing,”tutupnya.

Emi Suryani S.Ag. menyampaikan ungkapan terimakasihnya kepada Pihak SMA plus Negeri 17 Palembang karena sudah satu tahun ini memberikan edukasi terhadap peserta didik disekolah melalui kegiatan Comunnity Service.

“Bagi kami ini suatu kegiatan yang sangat luar biasa sekali karena memberikan manfaat yang berharga baik itu bagi kami dan peserta didik semoga ini menjadi ladang ibadah,” ucapnya. (Des)