SBS Lepas Peserta Magang Mekanik dan Operator Alat Berat

Muara Enim, lamanqu.id  – Sebanyak 90 Peserta magang PT Satria Bahana Sarana (SBS) resmi dilepas oleh perusahaan di Gedung SMA Bukit Asam (SMABA) Tanjung Enim, Senin (3/2).

Acara ini dihadiri Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH yang diminta untuk menutup kegiatan magang program mekanik dan operator alat berat.

Program magang ini bekerjasama dengan Bukit Asam Foundation (BAF) selaku penjaring peserta dari alumi dari SMA dan SMK Bukit Asam Tanjung Enim. Sebanyak 45 peserta program mekanik, dan 45 peserta program operator alat berat sudah di didik selama 1 tahun itu melibatkan narasumber dari United Tractor dan Rindam II Sriwijaya Muara Enim.

“PT SBS dan Bukit Asam Foundation bekerjasama menyiapkan tenaga kerja handal bidang operator alat berat dan mekanik alat berat. Teori maupun praktek sudah diberikan selama satu tahun bekerjasama dengan UT dan Rindam II sebagai pembinaan mental dan fisik untuk mendukung peningkatan SDM,”kata Amirudin Safuan, Sekretaris Bukit Asam Foundation dalam acara ini.

Direktur PT SBS, FX Sigit Heri Basuki mengatakan, peserta magang selama setahun sudah dibekali dengan materi teori, dan praktek menunjang skill masing-masing program. Selain itu, para peserta magang ini mendapatkan pendidikan mental sebelum memasuki dunia kerja yang saat ini penuh dengan kompetisi.

“Dari seluruh peserta yang mengikuti magang ini tidak semua diterima bekerja di PT SBS saja, namun sudah ada permintaan dari beberapa perusahaan yang ada di Tanjung Enim,”kata Sigit.

Kedepan kata Sigit, program magang ini bagian dari kegiatan CSR PT SBS untuk kemitraan bina lingkungan. Namun, dia juga berharap kepada PT Bukit Asam selaku orang tua dari perusahaan SBS bisa turut mendukung program tersebut.

“Kedepan PT SBS siap mendukung program ini bekerjasama dengan Yakasaba, dan PTBA,”ungkapnya.

Sementara itu, Plt bupati H Juarsah SH saat menutup acara tersebut terus mendorong perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Muara Enim turut membangun Sumber Daya Manusia (SDM) sekitar operasionalnya. Selain itu, BUMN, BUMS, dan BUMD yang ada turut mendukung visi misi Kabupaten Muara Enim Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat, dan Sejahtera.

“Sesuai peraturan mentri tenagga kerja mengenai magang ini, saya berharap dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja lokal, dan bagi perusahaan dapat mendapatkan tenaga kerja sesuai dengan harapan perusahaan,”terang Juarsah. (Amk)

banner pemkot palembang
banner covid muara enim
promsi capil, capil palembang