Mari Sukseskan Sensus Penduduk 2020 di Banyuasin

News

Banyuasin, lamanqu.id – Wakil Bupati Banyuasin H Slamet Somosentono menggelar rapat koordinasi dan konsolidasi Sensus Penduduk 2020. Rapat ini digelar di ruang rapat Bupati Banyuasin, Senin 20 Januari 2020.

Dasar pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 merupakan dasar pelaksanaan SP20202 yakni UU Nomor 16 Tahun 1997 tentang statistik, Resolusi United Nations 2020, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2019 tentang strategi nasional percepatan asministrasi kependudukan untuk pengembangan statistik hayati dan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Dalam hal pencapaian Sensus Penduduk 2020, peran Pemerintah Daerah baik Bupati/walikota dan jajaran Pemda, Camat dan Lurah/Kepala Desa sangat diharapkan untuk aktif mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat Umum untuk berpartisipasi dalam kegiatan Sensus Penduduk Online (SPO) dan Sensus Penduduk Wawancara (SPW).

Edi Subeno, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyuasin menyatakan bahwa Badan Statistik akan bekerja keras merealisasikan Sensus Penduduk 2020 ini dan berharap pemerintah membantu publisitas kegiatan Sensus Penduduk Online serta mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) serta masyarakat umum untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Kami sangat memerlukan sinergi yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Banyuasin. Dari Bupati sampai ke lurah untuk mendukung dan membantu realisasi pensensusan ini,” jelasnya.

Dia menambahkan, pelaksanaan Sensus ini akan berlangsung tanggal 15 Februari – 31 Maret 2020 untuk Sensus Penduduk Online (SPO). Bagi yang belum terdata Online, akan dilakukan Sensus Penduduk Wawancara tanggal 1-31 Juli.

“Bagi yang belum terdata Online, maka Tim dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyuasin akan siap datang door to door,” paparnya.

Wakil Bupati Banyuasin H Slamet Somosentono menyatakan, bahwa kesiapan Pemerintah Kabupaten Banyuasin melaksanakan sosialisasi Sensus Penduduk 2020 ditingkat Kabupaten sampai Kecamatan.

“Ini merupakan tugas bersama, bergotong royong dengan rasa tanggungjawab agar pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 ini berjalan lancar. Kami sangat mendukung Sensus Penduduk 2020 yang akan dilaksanakan nanti,” ucapnya.

Rapat koordinasi ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuasin, dr. H. M. Senen Har, S.IP, M. Si, FORKOPIMDA Kabupaten Banyuasin, Camat dan Lurah se-Kabupaten Banyuasin. (Indera)