Wagub Apresiasi Inovasi Kemenag Sumsel

Palembang, lamanqu.id – Dharma Wanita Persatuan (DPW) Kemenag Provinsi Sumsel menggelar Bazar dalam rangka peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-74 tahun 2020. Kegiatan ini dibuka Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya di Halaman Kanwil Kemenag Sumsel, Selasa (7/1/2020). Hadir dalam acara pembukaan Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi, Kepala Perwakilan Ombudsman Sumsel M. Adrian Agustiansyah, Asisten III Pemprov Sumsel Prof. Edwar Juliartha, para Kepala OPD Pemprov Sumsel, Ketua DWP Kemenag Sumsel Hj. Ekawati Alfajri, para Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota, Kabag Tata Usaha, para Kepala Bidang dan Pembimas, serta Kepala Madrasah dan Kepala KUA.

Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya dalam arahannya memberikan apresiasi atas langkah maju Kemenag Sumsel dalam meningkatkan kualitas pegawai yang dimiliki melalui pemilihan Agen Perubahan.

“Tadi telah kita saksikan Kemenag Sumsel mengukuhkan apa yang disebut Agen Perubahan, yang akan menjadi teladan bagi para pegawai-pegawai lainnya. Ini berarti Kemenag telah selangkah lebih maju dari instansi-instansi lain,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Mawardi mengucapkan terima kasih atas jalinan kerjasama yang baik antara Kemenag dan Pemprov Sumsel dalam menjaga kerukunan umat beragama serta membangun kehidupan keagamaan di Sumsel. Salah satunya melalui program Rumah Tahfiz yang dicetuskan Pemprov Sumsel dan pengangkatan P2UKD (Petugas Penghubung Urusan Keagamaan Desa) untuk membantu kerja para penghulu.

“Mari kita jaga kondisi Sumsel agar tetap zero konflik dan masyarakat semakin nyaman dalam menjalankan ibadah. Hal ini tentu membutuhkan peran dari Kakanwil Kemenag, para Kepala Kantor Kemenag, hingga Kepala KUA di tingkat kecamatan,” tegas Mawardi.

Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi menuturkan, Kemenag Sumsel secara instansi memang bersifat vertikal. Namun sesungguhnya tugas Kemenag Sumsel adalah membantu pemerintah daerah. Karena Kemenag merupakan pembantu pemerintah daerah dalam bidang keagamaan.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemprov Sumsel atas koordinasi dan kerjasama yang selama ini telah terjalin dengan sangat baik. Mudah-mudahan ke depan kehidupan beragama di Sumsel terus meningkat kualitasnya. Di usia yang menginjak 74 tahun, Kemenag memang dituntut untuk terus berbenah sehingga eksistensi Kemenag makin terasa manfaatnya bagi masyarakat. Kita tentu berharap kontribusi Kemenag terhadap bangsa dan negara semakin hari semakin besar,” harap Fajri.

Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumsel Hj. Ekawati Alfajri menambahkan, kegiatan bazar ini bertujuan untuk meningkatkan tali silaturrahmi antar sesama angota DWP Kemenag se-Sumsel. Peserta kegiatan adalah anggota DWP pada bidang-bidang di Kanwil, anggota DWP Kemenag Kabupaten/Kota, serta anggota DWP madrasah se-Kota Palembang.

“Dalam rangka memeriahkan HAB Kemenag tahun ini, DWP Kemenag Sumsel juga menggelar kegiatan sosial. Pada 8 Januari mendatang, DWP akan melakukan anjangsana dan memberikan bantuan kepada beberapa panti asuhan di kota Palembang,” ucapnya.

“Kegiatan serupa juga dilakukan dharma wanita di kemenag kabupaten/kota se-sumsel. Selain itu, DWP Kemenag Sumsel juga rutin melakukan kegiatan pembinaan dan sosialisasi gerakan SPAK (Saya Perempuan Anti Korupsi). Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas keterlibatan perempuan dalam gerakan anti korupsi, sehingga mencakup lebih banyak organisasi/individu perempuan yang akan menyebarkan gerakan anti korupsi kepada komunitasnya masing-masing,” pungkasnya. (Yanti)

banner 17 agustus 2020, Eva Susanti
banner 17 agustus 2020, banner dprd kota palembang, andie dinialdie
banner 17 agustus 2020, anggota dprd, sudirman
banner 17 agustus 2020 perindo
banner idul adha pemkot palembang
banner 17 agustus 2020, banner 17 musi banyuasin