Jurusan Ilmu Perpustakaan Dianggap Remeh Tapi Prospek Kerja Yang Luas!

Palembang, lamanqu.id – Ketika saat masuk kuliah pasti kita memilih jurusan yang yang sudah familiar di masyaratakat dan diketahui secara luas prospek kerja masa depan yang sudah jelas.

Tapi tau gak sih sebenarnya prosepeknya bagus tapi sepi peminat? Salah satunya jurusan Ilmu Perpustakaan yang dianggap penjaga perpustakan, membosankan, kurang menarik dan prospek kerja yang minim. Bahkan ada beberapa orang yang baru mendengar jurusan ini. Tapi nyatanya jurusan ini mempunyai prospek yang bagus.

Jurusan Ilmu Perpustakaan hanya kerja di perpustakaan saja?
Duh, enggaklah. Jurusan ilmu perpustakaan ini bukan hanya belajar tentang buku-buku, cara menaruh buku di perpustakaan, dan memberikan buku yang penuh debu, bukan itu guys ya, justru jurusan ilmu perpustakaan ini mempelajari banyak hal tentang Manajemen sistem perpustakaan, bibliografi, pengkatalogan, dokumentasi kearsipan, manajemen data, manajemen digital library, dan aplikasi teknologi pengelolaan informasi.

Program studi ini juga mengarahkan untuk terus mengikuti alur informasi dan teknologi informasi yang terus menerus mengalami kemajuan. Maka dengan memperlajari semua itu jurusan ilmu perpustakaan ini sangat banyak dibutuhkan oleh perusahaan, bukan hanya perusahaan saja yang membutuhkan bahkan dari pemerintahan banyak yang membutuhkan jurusan ini.

Apalagi dengan sedikitnya peminat menjadi prospek yang bagus dengan lapangan kerja yang sedikit saingannya.
Masih ragu? Kalau masih ragu, coba simak prospek kerja yang menginginkan lulusan Prodi Ilmu Perpustakaan dibawah ini ya gaes…
1. Instansi Pemerintah
Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) membuka lowongan untuk lulusan ilmu perpustakaan maupun pada instansi pemerintah sebagai Pegawai Negeri Sipil (SNP) atau Aparatur Sipil Negara (ASN). Setiap instansi pemerintah memiliki lembaga informasi sendiri maka sangat dibutuhkan bagi lulusan Ilmu Perpustakaan untuk dapat mengelolanya dengan efesien.

2. Pustakawan
Pustakawan yang dianggap sosok berkacamata yang akan mengusir para pengunjung perpustakaan berisik. Jangan salah guys! Pustakawan adalah seseorang yang membantu orang dalam menemukan informasi dalam bentuk tercetak maupun elektronik. Bahkan profesi pustakawan ternyata mendapatkan tunjangan gaji pokok juga lohh! Berdasarkan Undang-undang No.43 Tahun 2007, tenaga perpustakaan atau pustakawan merupakan sebuah profesi yang mempunyai regulasi terkait dengan pengaturan tunjangan profesi.

3. Information Specialist
Tujuan utama lulusan ilmu perpustakaan dapat mengelola bidang infomasi dalam bentuk database, website atau sistem informasi lainnya. Maka menjadi seorang information specialist mengharuskan untuk ahli mengelolah database, teknologi informasi, dan operator disuatu perusahaan atau perpustakaan. Dengan begitu mempunyai tujuan yang sama pada jurusan ilmu perpustakaan.

4. Arsiparis
Pada saat kuliah jurusan ilmu perpustakaan memiliki mata kuliah tentang manajemen kearsipan. Nah, pasti di semua perusahaan memiliki dokumen atau arsip penting yang harus dikelola bertujuan untuk memudahkan menemukan infomasi atau yang dikenal dengan information retrieval. Maka jurusan ilmu perpustakaan ini sangat dibutuhkan pada lembaga arsiparis.

5. Administrasi
Setiap perusahaan membutuhkan bagian administrasi karena untuk dapat mengelola suatu data dan menyampaikan informasi secara baik. Nah, lulusan ilmu perpustakaan sangat pas untuk mengisi posisi ini karena lulusan ini sangat ahli dalam mengelola data dan menyampaikan suatu informasi.

Dimana mau kuliah jurusan ilmu perpustakaan? Tenang gaes dari surfing ane lakuin ternyata banyak univeristas yang menyediakan jurusan Ilmu perpustakaan ini. Ada beberapa Program Sarjana Ilmu Perpustakaan di Univeristas terbaik di Indonesia, diantaranya;

1. Universitas Indonesia, Jakarta
2. Universitas Diponegoro, Semarang
3. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Ciputat
4. Universitas Padjajaran, Bandung
5. Universitas Sumatera Utara, Medan
6. Universitas Brawijaya, Bandung
7. Universitas Yarsi, Jakarta
8. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta

Dan masih banyak lagi universitas terbaik yang tersedia jurusan Ilmu Perpustakaan di Indonesia.

Nah, jadi gimana menurutmu, gaes? Apakah masih mau meremehkan jurusan Ilmu Perpustakaan dengan prospek kerja yang minim atau malah tertarik untuk bergabung dengan jurusan ilmu perpustakaan.

Ya sudah lah gak perlu dijawab terimakasih sudah baca baca ya gaes.., Mogah aja ada manfaat nya..! Salam..

Penulis : Vivi Indriani
Mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang Fakultas Adab dan Humaniora Prodi Ilmu Perpustakaan
Rabu, 27 November 2019

banner pemkot palembang
banner covid muara enim
promsi capil, capil palembang