Wawako Palembang : 15 Titik Simpang Lampu Merah Terkoneksi ke ATCS

News
Area Trafic Control Sistem (ATCS)

Palembang, lamanqu.id – Sebanyak 15 titik utamanya di simpang lampu merah kota Palembang telah terkoneksi ke Area Trafic Control Sistem (ATCS) yang dipusatkan di Kantor Dinas Perhubungan Kota Palembang. Dengan adanya ATCS ini, petugas Dishub bisa memantau langsung keadaan lalu lintas disetiap titiknya. Bahkan bisa memberikan teguran langsung kepada para pengendara yang melanggar aturan lalu lintas.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda saat berkunjung ke ATCS Dinas Perhubungan Kota Palembang, Rabu 13 November 2019.

Fitrianti Agustinda mengatakan, disetiap titik sudah terpantau CCTV dan pengeras auara. Sehingga jika ada pelanggaran pengendara bisa ditegur secara langsung melalui ATCS ini, sehingga sang pelanggar dan pengendara di sekitar lokasi langsung mengetahuinya.

“Kami berharap ATCS ini bisa tersosialisasikan dengan maksimal ke masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, dia meminta Dishub belerjasama dengan instansi terkait bisa mensosialisasikan ATCS ini ke masyarakat.

“Kalau perlu buat sesi live saat tim ATCS bekerja, saat tim ATCS memberikan teguran langsung kepada para pelanggar lalu lintas. Jadi bisa disaksikan langsung oleh masyarakat saat live itu, bisa kerjasama dengan media, ” katanya.

Fitrianti Agustinda berharap melalui ATCS ini dapat menekan pelanggaran lalu lintas di Kota Palembang.

“Jika sudah ditegur mereka pasti malu, apalagi wajahnya sampai masuk cctv. Ini membuat efek jera, harapannya bisa mengurangi angka pelanggaran lalu lintas,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Palembang Agus Supriyanto menjelaskan, sudah ada 15 titik ATCS yang berfungsi diantaranya simpang lampu merah bandara, simpang tanjung siapi-api, simpang angkatan 45, simpang 5 DPRD Provinsi Sumsel, simpang Macan Lindungan, simpang Charitas, simpang Jakabaring, simpang Soekarno Hatta, dan titik lainnya.

“Insya Allah tahun 2020 akan ditambah lagi 13 titik yang terkoneksi, sehingga total ada 28 titik nantinya,” pungkasnya. (Yanti)