Ajub Suratman Jabat Kakanwil Kemenkumham Sumsel

Palembang, lamanqu.id – Kementerian Hukum dam HAM Sumatera Selatan menggelar acara Pisah Sambut Kepala Kantor Wilayah dari Dr. H. Sudirman D Hury, SH., MM., M.Sc kepada Ajub Suratman, Bc.IP., S.Pd., M.Si, sekaligus Pengantar Tugas Sudirman D Hury yang akan menjalani posisi baru sebagai Assessor Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Utama Kemenkumham Republik Indonesia, bertempat di Ballroom Hotel Aston Palembang, Kamis (29/8).

Diawali dengan pembacaan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya beserta Mars Kementerian Hukum dan HAM, acara menjadi lebih khidmat dan haru. Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia yang diwakili oleh Bambang Rantam Sariwanto selaku Sekretaris Jenderal  turut hadir guna menjadi saksi dalam penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan Kepala Kantor Wilayah sekaligus menghadiri undangan langsung dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya, Bambang mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Sudirman selaku Kakanwil Kemenkumham Sumsel atas dedikasinya. “Sudirman adalah orang yang punya dedikasi tinggi untuk kementerian kita. Beliau tercatat sudah lima kali menjabat sebagai Kakanwil, dan di Sumatera Selatan sendiri sudah mengabdi selama 2 tahun 8 bulan. Yang mana sejauh ini, Kanwil Kemenkumham Sumsel sendiri tidak pernah memberikan kontribusi negatif sedikit pun, malah memberikan prestasi dan inovasi di bidang keimigrasian dan pemasyarakatan. Bapak Sudirman memiliki jiwa pemikir, inovator, dan spesialis komunikasi yang handal, tidak heran Kanwil Kemenkumham Sumsel sangat berkembang pesat dan maju diantara Kanwil lain. Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Sudirman atas kontribusi luar biasanya, semoga apa yang telah dilakukan menjadi legacy dan amal baik yang akan dilanjutkan oleh kepemimpinan selanjutnya, yaitu Bapak Ajub Suratman,” ungkap Bambang.

Lebih lanjut, Bambang juga menyampaikan beberapa pesan penting. “Kepada Bapak Ajub selaku Kakanwil yang baru, segera lakukan pembangunan segala unsur stakeholder pemerintahan di lingkungan Sumatera Selatan, bangun dan kuatkan solidaritas di jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel, jangan pernah mengabaikan legacy yang baik dari sebelumnya, dan terakhir adalah segera lakukan konsolidasi ke seluruh bagian guna mencapai target kinerja di triwulan ke-4,” sambung Bambang.

Turut memeriahkan acara, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari Lapas Perempuan Kelas IIA Palembang dibawah pimpinan Tri Anna Aryati menampilkan tari tanggai yang lembut dan gemulai. Seolah tidak mau kalah, ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Pengayoman Kantor Wilayah dan Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) pun turut memeriahkan acara. Mereka melakukan gerakan fashion show bak model hits papan atas sembari melenggok-lenggok. Penampilan tersebut ditutup dengan senam gemu famire oleh ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Pengayoman Kantor Wilayah dan diikuti oleh para istri Pimpinan Tinggi yang hadir.

Acara pun dilanjutkan dengan penayangan video kilas balik Sudirman D Hury, mulai dari awal karirnya berkiprah sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pengayoman di umur 22 tahun, hingga penghujung karirnya menjadi Kakanwil Kemenkumham Sumsel dan Assessor SDM Aparatur Ahli Utama Kemenkumham Republik Indonesia. Banyak sudah rekam jejak hidup Sudirman yang ditayangkan, setiap potongan selalu memiliki makna dan pesan bagi siapa saja yang menontonnya. Sepintas terlihat air mata sedih, haru, dan bangga mengalir di beberapa tamu undangan. Momen perpisahan memang tak pernah berakhir bahagia, selalu ada cerita duka dibaliknya.

Segenap jajaran Pimpinan Tinggi Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan pun turut menyampaikan pesan dan kesannya untuk Sudirman. Diawali oleh Kepala Divisi Administrasi (Indra Gunawan), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Giri Purbadi), Kepala Divisi Imigrasi (Hendro Tri Prasetyo), dan terakhir adalah Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Bambang Setyabudi). Pesan kesan mereka semuanya adalah mengucapkan terima kasih atas jasa dan perjuangan Sudirman untuk Kanwil Kemenkumham Sumsel, sekaligus mengucapkan selamat bertugas di tempat yang baru. “Selalu gelorakan jargon ‘Sumsel Pacak Galo’ agar Bapak Sudirman selalu bersemangat dalam mengemban tugas amanah. Serta yang paling penting, jangan bosan untuk mengingatkan ‘tahajud call’ dan menjelaskan Undang-Undang secara rinci mulai dari kapan ditetapkan dan disahkannya, pasal dan babnya, hingga peraturan pelaksananya,” ujar Kadiv Administrasi sembari tersenyum haru.

Melanjutkan acara, Sudirman D Hury dan istri berkesempatan menyampaikan ucapan perpisahannya. “Pada 3 hari pertama saya setelah menerima serah terima jabatan disini, saya langsung didaulat menjadi Ketua Syarikat Islam Dewan Pimpinan Wilayah Sumatera Selatan. Saya dan Pimpinan Tinggi pun bergegas menciptakan jargon ‘Sumsel PacakGalo? Iyo Nian!!’ sebagai pemantik semangat Kanwil Kemenkumham Sumsel agar senantiasa kuat menghadapi segala macam tantangan. Itulah momen awal saya disini. Banyak hal yang telah kita lakukan bersama, 2 tahun 8 bulan 20 hari bukanlah waktu yang singkat. Bersama Para Kepala Divisi, Pejabat Sturktural dan Fungsional beserta Para Kepala UPT di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel, kita melakukan sinergitas dan kolaborasi ke berbagai unsur pemerintah dan instansi vertikal. Semoga apa yang telah kita kerjakan merupakan hal yang baik dan bisa menjadi legacy untuk kepemimpinan selanjutnya,” ujar Sudirman.

“Akhir kalimat, izinkan saya dan istri menyampaikan 3 potong kalimat yang menggambarkan perasaan kami saat ini. Pertama adalah terima kasih yang tak terhingga atas bantuan dan kerjasamanya. Kedua adalah permohonan maaf jika ada perilaku, perkataan, atau bahkan wewenang yang menyakiti hati kalian. Semua itu hanyalah bukti bahwa saya sayang dan peduli. Yang terakhir, adalah saya izin undur diri dari Kanwil Kementekumham Sumsel. Tidak ada gading yang tak retak, saya mohon keikhlasan dan maaf sebesar-besarnya semoga mengiringi langkah kepergian kami disini,” tutup Sudirman sembari berkaca-kaca.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel yang baru, Ajub Suratman, Bc.IP., S.Pd., M.Si adalah sosok tangguh yang sebelumnya sudah menjabat sebagai Kakanwil sebanyak empat kali, dan untuk kelima kalinya adalah di Sumatera Selatan ini. Ajub Suratman sebelumnya adalah Kakanwil di Kemenkumham Provinsi Sumatera Barat. Ketika diberi kesempatan untuk menyampaikan kata pengantarnya, Ajub beserta istri turut memperkenalkan diri sebelum mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya.

“Terima kasih atas sambutan selamat datang yang sangat hangat. Saya akan melakukan penyesuaian diri dan sinergitas ke seluruh pihak terkait secepat mungkin dalam rangka mencapai visi Kementerian Hukum dan HAM, yaitu masyarakat memperoleh kepastian hukum. Saya akan memberikan pesan berupa 4L yang mana semoga pesan ini bisa menjadi pengingat kita dalam menjalankan kehidupan. Pertama adalah To Live, untuk menjalani hidup dengan maksimal mungkin. Kedua adalah To Love, yaitu hidup untuk mencintai sesama, bahkan saling mencintai sesama pegawai bahkan WBP. Ketiga adalah To Learn, yakni hidup untuk selalu belajar dan terus belajar. Terakhir adalah TO Legacy, yaitu hidup untuk meninggalkan warisan yang baik dan bermanfaat di kepemimpinan selanjutnya,” ujar Ajub.

Mencoba menghangatkan acara, WBP dari Lapas Perempuan Palembang kembali hadir menampilkan sajian band akustik guna menyambut kedatangan Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru. Dalam sambutannya, Gubernur Sumsel menyampaikan pesan dan kesannya untuk orang nomor satu di Kanwil Kemenkumham Sumsel itu. “Abang Sudirman, saya memanggilnya. Dia adalah sosok dengan gaya milenial tapi tetap soleh. Terima kasih atas bantuan dan kerja samanya selama ini. Berkat Abang dan jajaran, Wilayah Sumatera Selatan meraih predikat Wilayah Sadar Hukum dan Peduli HAM. Tentu ini berkat kerja keras Kanwil Kemenkumham Sumsel, yang bisa dibilang paling sering melakukan audiensi ke kantor Gubernur dibanding instansi vertikal lainnya. Ini merupakan nilai positif. Semoga Kakanwil yang baru bisa melanjutkan bahkan meningkatkan sinergitas dan prestasi Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan,” ujar Gubernur.

Di akhir acara, dilakukan pemberian cinderamata dari Gubernur Sumatera Selatan untuk Kakanwil dan sebaliknya. Juga pemberian cinderamata dari undangan yang hadir, ada Kepala BNNP, Kepala BPKP, Kepala BINDA, Kepala Pengadilan Agama, dan Perwakilan dari Kapolda Sumsel, Pangdam II/Sriwijaya, OJK, Kejaksaan Tinggi, Pengadilan Tinggi, Pengadilan Tinggi Agama, Deputi Bank Indonesia, Bank Syariah Mandiri, Bank Sumsel Babel, Bank Mandiri, Bank BRI, dan masih banyak lagi.

Acara pun berakhir. Sudirman meninggalkan acara dengan diiringi sajian Pedang Pora. Tampak perasaan haru dan sedih menghiasi perjalanan mereka.

banner 17 agustus 2020, Eva Susanti
banner 17 agustus 2020, banner dprd kota palembang, andie dinialdie
banner 17 agustus 2020, anggota dprd, sudirman
banner 17 agustus 2020 perindo
banner idul adha pemkot palembang
banner 17 agustus 2020, banner 17 musi banyuasin