Ini Dia Manfaat Konsumsi Buah Jeruk Yang Belum Kamu Ketahui

Kesehatan

lamanqu.id – Pada saat ini kita sudah memasuki musim kemarau khusus nya di indonesia baik itu di provinsi sumatera selatan maupun di provinsi lainnya dan musim kemarau ini banyak menyebabkan kebakaran lahan dan hutan di beberapa tempat maka dari itu menyebabkan udara tidak bagus atau polusi udara yang tidak pasti biasanya banyak menimbulkan gajala penyakit seperti panas dalam dan flu.

Maka dari itu untuk menghindar gejala penyakit panas dalam atau terinfeksi virus flu kita harus mengkomsumsi buah buahan yang banyak mengandung Vit. C, seperti sudah di ketahui banyak orang bahwa jeruk kaya akan Vit. C dan antioksidan nya, maka dari itu kita wajib mengkonsumsi buah jeruk ini setiap hari agar terhindar dari virus flu dan penyakit lainnya.

Jeruk yang kaya dengan vitamin C dan antioksidan ini banyak sekali untuk meningkatkan sistem kekebalan bagi tubuh dan mengobati berbagai penyakit selain panas dalam. Dan ini dia 10 manfaat untuk kesehatan tubuh dari mengkomsumsi buah jeruk dibawah ini:

  1. Meredakan Sembelit
    Sumber serat yang sangat baik larut dan tidak larut. Serat di dalamnya akan mengeluarkan kotoran sehingga mencegah sindrom iritasi usus besar. Jeruk juga merangsang produksi cairan pencernaan dan memperbaiki pencernaan.
  2. Mengatur Tekanan Darah
    Jeruk merupakan sumber magnesium yang kaya, yang akan mengatur tekanan darah. Flavonoid yang disebut hesperidin yang secara alami terkandung dalam jeruk dapat membuat tekanan darah terkendali.
  3. Mencegah Asma
    Konsumsi jeruk secara teratur dapat menurunkan frekuensi serangan asma. Sifat anti-inflamasinya membantu mengurangi radang saluran napas. Jeruk juga menetralkan kerusakan oksidasi oleh radikal bebas karena bisa meningkatkan peradangan dan menyebabkan asma. Flavonoid yang ada dalam jeruk mengurangi sensitivitas bronkial.
  4. Mencegah Penyakit Ginjal
    Konsumsi jus jeruk secara teratur bisa mencegah batu ginjal dengan mengusir kelebihan sitrat dalam urine dan mengurangi keasamannya. Jeruk juga membantu fungsi ginjal lebih baik dengan mencegah tekanan darah tinggi dan mengendalikan kadar gula.
  5. Gigi Kuat
    Jeruk sangat baik menjaga kesehatan gusi. Jeruk memperkuat pembuluh darah dan jaringan ikat. Jeruk juga mencegah perkembangan plak. Buah ini melapisi gigi di lapisan pelindung, mencegah korosi. Vitamin C di dalamnya mengurangi peradangan dan juga membuat napas tetap segar lebih lama dengan membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.
  6. Tulang Kuat
    Semua makanan yang mengandung kalsium harus dipasangkan dengan makanan kaya vitamin D agar tubuh menyerap kalsium dari makanan sepenuhnya. Jeruk memiliki cukup vitamin D yang menjamin penyerapan kalsium secara tepat dan baik untuk tulang. Jeruk juga mengandung asam askorbat yang membantu penyerapan kalsium dengan lebih baik.
  7. Membersihkan Darah
    Flavonoid yang ada di dalamnya memulai aktivitas enzim dalam tubuh dan membantu hati mengeluarkan racun. Vitamin C di dalamnya meningkatkan produksi kolagen, sehingga membuat kulit lebih elastis dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Serat makanan di dalamnya membuat perut tetap bergerak, sehingga menghilangkan limbah dan zat yang tidak diinginkan keluar dari tubuh.
  8. Melindungi Tubuh dari Penyakit Jantung
    Antioksidan yang ada dalam jeruk melawan kerusakan radikal bebas dan membantu mencegah oksidasi kolesterol. Kolesterol oksidisasi cenderung menempel di bagian dalam arteri dan membatasi suplai darah ke jantung serta memicu serangan jantung. Antioksidan menetralkan efek radikal bebas ini dan melindungi jantung.
  9. Mencegah Kanker
    Jeruk merupakan agen penguat antioksidan dan kekebalan yang hebat. Mengandung limonene sebagai penghambat kanker. Senyawa ini mendeteksi sel kanker dan menghancurkannya.
  10. Melawan Infeksi Virus
    Jeruk kaya dengan vitamin C untuk menjaga kekebalan tubuh, sehingga tubuh mampu melawan infeksi lebih baik. Selain itu, polifenol yang ada di dalamnya adalah antivirus, membunuh virus yang masuk ke tubuh sebelum dapat menyebabkan infeksi.