Muara Enim Sukses Gelar Pemilu 2019, Bupati Optimis Partisipasi Masyarakat Diatas Target Nasional

News
Partisipasi pemilih , Pemilu 2019

Muara Enim, lamanqu.id – Kabupaten Muara Enim salah satu daerah yang menyelenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019. Kemarin, 17 April 2019 pemilihan presiden, DPR RI, DPPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, dan DPD digelar disuruh Kecamatan disetipa TPS yang ada.

Bupati Ir H Ahmad Yani MM, wakil bupati H Juarsah SH, Sekretaris Daerah Ir H Hasanudin, bersama unsur Muspida, Bawaslu, KPUD melakukan monitoring langsung dibeberapa TPS di Kecamatan Kota Muara Enim. Setelah itu bupati juga melakukan monitoring di Desa Lubuk Taman Kecamatan Tambang Dangku. sedangkan wakil bupati melanjutkan monitoring di Kecamatan Lawang Kidul dan sekitarnya.

Di Kabupaten Muara Enim pesta demokrasi berlangsung aman dan kondusif. Masyarakat terlihat antusias mendatangi TPS-TPS diwilayah masing-masing. Bupati Ir H Ahmad Yani MM optimis Kabupaten Muara Enim bisa mencapai angka 77,5 persen dari partisipasi para pemilih.

Sebelum melaksanakan kegiatan monitoring, bupati Ir H Ahmad Yani MM melakukan hak pilihnya mencoblos di TPS 01 RT 03, RW 02 Kelurahan Air Lintang. Sementara wakilnya, H Juarsah SH menggunakan hak pilih mencoblos di TPS Saringan Desa Lingga Kecamatan Lawang Kidul.

Dihadapan para awak media, bupati mengapresiasi kepada para petugas penyelenggara pemilu di lapangan yang telah bekerja dan menciptakan suasana pemilihan aman dan kondusif. Selanjutnya, dia juga mengapresiasi kepada pihak-pihak keamanan yang terus melakukan pemantauan kondisi keamanan di setiap TPS.

“Ini semua karena proses persiapan yang matang, Pemerintah Kabupaten Muara Enim berserta pantia KPU, Bawaslu, Polres Muara Enim dan pihak-pihak pendukung lainnya telah bekerja keras membuat pelaksaan pemilu berlangsung lancar dan tanpa ada gangguan apapun,”kata Yani usai melakukan
pencoblosan.

Dia juga menegaskan bahwa laporan-laporan negatif mengenai pelaksanaan pemilu ini belum diterima. Namun harapannya hal-hal negatif itu tidak terjadi di Bumi Serasan Sekundang.

“Sejauh ini tak ada masalah, situasi kondusif aman dan terkendali,”tegasnya.

Yani juga mengapresiasi peran serta masyarakat yang turut ambil bagian mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan. Menurutnya seluruh masyarakat Kabupaten Muara Enim telah dilindungi dan aman menyalurkan haknya sebagai warga negara Indonesia.

“Melihat antusiasme masyarakat, kami pun sangat optimis tingkat partisipasi di Kabupaten Enim meningkat atau diatas target nasional sebesar 77,5 persen,”ungkapnya

Demi menjaga suara kondusif tersebut, Yani menegaskan akan memantau pelaksanaan pemilu hingga tahapan akhir. Dia pun berharap situasi demikian juga bertahan paska pencoblosan.

Untuk itu, Yani juga mengimbau masyarakat atau para pendukung capres supaya tetap tenang dan tidak melakukan perayaan kemenangan sampai adanya pengumuman resmi KPU.

“Tidak boleh ada pengarahan massa merayakan kemenangan dijalan-jalan dan sebagainya, bagi pendukung yang menang jangan larut dalam euporia, cukup syukuri hasilnya,”ucapnya

Sementara Wakil Bupati Juarsah juga mengajak masyarakat Kabupaten Muara Enim untuk sama-sama memantau hasil pemilu. Wabup berharap siapapun presiden dan legislatif yang terpilih dapat membawa arah bangsa dan daerah yang lebih baik kedepan.

“Semoga pemimpin dan wakil-wakil rakyat yang terpilih dapat sungguh-sungguh menjalankan amanat rakyat, dan tentunya dapat mendukung semua program-program pembangunan di kabupaten Muara Enim,”pungkasnya. (eko)