HUT Persit ke-73, Sebanyak 400 Personil TNI Rindam II/Sriwijaya Donor Darah Bantu PMI

Kesehatan
Donor Darah , PMI , Rindam II/Sriwijaya , TNI

Muara Enim, lamanqu.id – Ratusan personil TNI di Mako Rindam II/Sriwijaya Karang Raja Kecamatan Muara Enim mengikuti kegiatan donor darah bertempat di Aula Mako Rindam kemarin (1/4). Acara ini diikuti sebanyak 400 prajurit TNI terdiri Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS dilingkungan Rindam II/Sriwijaya. Kegiatan ini digelar Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Candra Kirana Cabang X Rindam PD II/Sriwijaya Muara Enim bekerjasama dengan PMI Cabang Muara Enim.

Komandan Rindam II/Sriwijaya, Kolonel INF Tri Rana Subekti didampingi Istri Yani Handayani Susanti S Sos turut serta mengikuti donor darah tersebut. Lalu diikuti para perwira lainnya, serta jajaran TNI di lingkungan Mako Rindam Karang Raja.

Sebelum dilaksanakan donor darah, Komandan Rindam II/Sriwijaya, Kolonel INF Tri Rana Subekti membuka acara tersebut dan meminta kepada seluruh prajurit untuk turut mendukung seluruh kegiatan dilaksanakan Persit Kartika Candra Kirana Muara Enim. Salah satunya kegiatan donor darah dalam rangka HUT Persit ke-73 tahun 2019.

“Ini bagian dari dukungan kami, selaku para prajurit TNI untuk memotivasi ibu-ibu Persit dalam mendukung suaminya dan anak-anak dilingkungan keluarga. Jika suami sehat maka sebagai prajurit TNI dapat menjalankan tugas dengan maksimal, dalam pengabdian pada negara NKRI,” terang Tri Rana Subekti, kemarin.

Selanjutnya, sesuai perintah Kepala Satuan TNI melalui Pangdam Sriwijaya, bahwa setiap prajurit harus senantiasa menjaga kesehatan. Menjalankan pola hidup sehat, dan rutin melakukan aktivitas olahraga setiap hari. Kemudian, kata Tri Rana, bahwa prajurit di lingkungan Mako Rindam II/Sriwijaya Karang Raja ini sudah terbangun kedisiplinan pada masing-masing prajurit.

Lanjutnya, untuk meningkatkan kesehatan para prajurit TNI AD, pihaknya mendapatkan dukungan Pangdam Sriwijaya berupa sarana alat kesehatan dan kebugaran yang bisa dipergunakan setiap hari oleh prajurit TNI. Dia memerintahkan kepada prajurit dan jajarannya untuk melakukan olah raga setiap pagi sebelum aktivitas bekerja di kantor.

“Untuk menjaga pola hidup sehat, setiap hari rutin sebelum tugas wajib olahraga pagi dari jam 06 pagi sebelum dinas, bisa dengan lari, atau fitness. Kemudian secara rutin 3 bulan sekali melakukan donor darah, tujuannya selain untuk menjaga kesehatan, dengan donor darah kita membantu sesama yang membutuhkan darah melalui PMI,”terangnya.

Sementara itu, ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang X Rindam PD II/Sriwijaya, Yani Handayani Susanti SSos mengatakan, kegiatan donor darah ini dalam rangka memperingati HUT Persatuan Istri Tentara (Persit) ke -73. Selain kegiatan ini, digelar juga ziarah ke makam pahlawan, anjang sana ke panti asuhan, lomba nasi tumpeng lomba memasak, fashion show, dan lomba baca puisi untuk anak-anak tentara. Kemudian puncak acara akan berlangsung pada 15 April nanti dengan acara syukuran.

“Harapan kita kedepan organisasi Persit Kartika Candra Kirana Cabang Rindam II/Sriwijaya tetap jaya dalam mendukung tugas suami, dan bisa berkontribusi untuk masyarakat sekitar, salah satunya melalui kegiatan donor darah, dan anjang sana ke panti asuhan, dan keluarga veteran”terang dia. (eko)