Sebanyak 32 Klub Sepak Bola Ikuti Turnamen U20 Perebutkan Piala Gubernur Sumsel

Olahraga
Piala Gubernur Sumsel , Turnamen Sepak Bola U20 , U20

Muara Enim, lamanqu.id – Kabupaten Muara Enim dipercaya menjadi tuan rumah pembukaan Turnamen Sepak Bola U20 Piala Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2019. Dilangsungkan bertempat di Lapangan Bola Kaki Sekundang Bara pada Minggu (31/3).

H Herman Deru selaku gubernur membuka langsung acara tersebut. Didampingi bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM, wakil bupati H Juarsah SH, bupati Lahat Cik Ujang, DPRD, seluruh unsur Muspida Kabupaten Kota dan Provinsi, BUMN, dan BUMS di Kabupaten Muara Enim. Serta dihadiri juga Anggota DPR RI Komisi VI H Wahyu Sanjaya SE MM, dan anggota DPD RI H Hendri Zainuddin, dia juga selaku panitia pelaksana.

Opening kemarin diikuti 32 klub berasal dari setiap kecamatan di Kabupaten Muara Enim. Kegiatan seleksi turnamen ini juga dilaksanakan di setiap kabupaten dan kota Se Sumatera Selatan, dimana pada final nanti akan di selenggarakan di Kota Palembang pada bulan November 2019 mendatang.

Selaku ketua Pelaksana Turnamen Sepak Bola Piala Gubernur Sumatera Selatan 2019, H Hendri Zainuddin mengatakan, turnamen ini diselenggarakan di 17 Kabupaten Kota Se-Sumatera Selatan. Dengan rata-rata diikuti sebanyak 32 sampai dengan 35 klub di setiap wilayah penyelenggaraan. Dengan total hadiah khusus untuk kabupaten Muara Enim sebesar 39 juta rupiah.

Dikatakan, pelaksanaan kegiatan turnamen sepak bola ini, panitia bekerjasama dengan KONI dan Dinas Olah Raga di masing-masing daerah. Tidak hanya di Kabupaten Muara Enim, acara seperti ini juga dilaksanakan seluruh kabupaten dan kota sebagai ajang seleksi ditingkat daerah.

Lanjutnya, untuk di Kabupaten Muara Enim akan hadiah juara I Rp15 juta rupiah, hadiah juara II Rp 10 juta rupiah, juara III Rp 7 juta rupiah, juara IV Rp 5 juta rupiah. Selanjutnya, apresiasi bagi pencetak gol terbanyak (top skor,red) akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 1 juta rupiah.

“Diselenggarakan turnamen sepak bola piala gubernur ini dengan tujuan untuk menjaring dan mencetak atlet berbakat profesional di Sumatera Selatan. Selain itu, sebagai ajang kompetisi sepak bola usia elit (profesional,red) di Sumsel. Dan sebagai ajang sosialisasi penyelenggaraan dan peningkatan prestasi untuk berjaya di nasional maupun internasional,”ungkap Hendri.

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru datang ke Muara Enim selain membuka acara opening Turnamen Sepak Bola. Agendanya juga menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah kepada masyarakat. Dalam kegiatan ini dihadiri kepala BPN Sumatera Selatan dan Kabupaten Muara Enim. H Herman Deru mengapresiasi bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani dimana telah menjadi tuan rumah opening turnamen sepak bola piala gubernur 2019.

“Saya melihat langsung kesiapan dan kematangan panitia mengelola acara ini. Apresiasi kepada bupati Muara Enim beserta seluruh jajarannya dan panitia yang telah menyelenggarakan turnamen ini. Saya berpesan kepada masyarakat Sumatera Selatan untuk menjadikan turnamen ini sebagai seleksi tingkat daerah untuk persiapan menghadapi PON dan Korwil yang digelar akan datang,”tutur Herman Deru.

Deru mendorong kepada kabupaten dan kota tidak hanya bangga menjadi tuan rumah penyelenggara. Namun, menjadikan olah raga sepak bola sebagai ajang meraih prestasi untuk mendukung kiprah kejayaan Sriwijaya FC sebagai club kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan masa depan. Oleh karena itu, Deru mengajak pimpinan pemerintah kabupaten dan kota, jajaran isntansi BUMD, BUMN, dan BUMS berperan aktif dalam pembinaan klub sepak bola di wilayah masing-masing.

“Saya mohon doanya, agar ajang piala gubernur ini berjalan lancar. Dan saya meminta di Kabupaten dan Kota untuk membentuk club-club sepak bola di instansi masing-masing. Kita akan jadikan olahraga sepak bola ini menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan, dan dapat mencetak pemain handal daerah,”terangnya.

Di sisi lain, target Sumatera Selatan sebanyak 190 ribu mencetak sertifikat gratis bagi masyarakat. Baru bisa direalisasikan sekitar 8000 sertifikat gratis, termasuk dibagikan di Kabupaten Muara Enim sekitar 1400 buku sertifikat.

Sementara itu, Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM mengaku bangga bisa dipercaya menjadi tuan rumah opening turnamen sepak bola bergengsi piala gubernur 2019. Kata Ahmad Yani, semuanya ini atas kerja keras panitia dan jajaran pemerintahan kabupaten Muara Enim. Bupati juga mengapresiasi kepada seluruh kecamatan yang telah mengirim tim terbaiknya untuk mengikuti turnamen ini, dan kedepan kegiatan ini akan menjadi agenda rutin di tingkat Provinsi maupun ditingkat Kabupaten Muara Enim.

“Dengan diselenggarakan turnamen ini selain menjadi tontonan menarik juga sebagai ajang seleksi meningkatkan prestasi tingkat daerah. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai ajang mencetak atlet sepak bola handal yang akan mewakili kabupaten Muara Enim ditingkat Provinsi maupun ditingkat nasional. Selain prestasi, melalui turnamen ini juga berdampak positif untuk pemberdayaan masyarakat. Sesuai visi misi Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat, dan Sejahtera,”ungkap Ahmad Yani (eko)