KPU Palembang Terima Surat Suara, Untuk Sortir Lipat dan Distribusi Logistik Akan Dikerjakan Pihak Ketiga

News
KPU , KPU Palembang , Surat suara

Palembang, lamanqu.id – Lima mobil box kontainer yang mengangkut surat suara tiba di KPU kota Palembang pada Rabu (27/2/2019) pagi. Pergeseran logistik dari KPU ke PPK dimulai pada 10 April.

Ketua KPU Kota Palembang Eftiyani mengatakan, surat suara untuk DPRD kota ada 6 dapil, DPRD Provinsi 2 dapil telah sampai pagi ini dengan tidak ada kekurangan apapun.
“Untuk jumlah surat suara belum bisa diketahui, karena ada hitung-hitungan perkalian, dan jumlah dus sendiri saya belum begitu hapal setiap dapilnya, yang jelas satu dus isinya 500 lembar surat suara,” ujarnya.

Untuk pembongkaran mobil box, Eftiyani menuturkan, pihaknya masih menunggu ekspedisi tenaga bongkar muatnya.

“Ini masih tahap pertama, kemudian Tim keamanan dari Polresta Palembang dan KPU sedang berangkat kembali ke Bogor, karena besok sore ada loading surat suara Presiden, DPD RI dan DPR RI. Untuk dapil satu,” bebernya.

Lebih lanjut Eftiyani menjelaskan, setelah masuk secara keseluruhan kotak suara, barulah pihaknya mulai melakukan proses penglihatan,” Penglipatan diperkirakan hari Minggu atau Senin ini, dan itu dilakukan oleh pihak ketiga. Sekarang sedang dilakukan proses tender untuk sortir lipat dan distribusi logistik,” ucapnya.

“Dalam waktu dekat pemenang lelang sudah ada, sehingga bisa memberikan tenggang waktu tiga minggu untuk penghitungan lipat agar cepat selesai. Karena target paling lambat 10 April untuk pergeseran logistik dari KPU ke PPK, semoga akan terlaksana dengan baik,” tandasnya.

Sementara, Divisi hukum dan admin Bawaslu Sumsel, Yenny Maryati menambahkan, pihaknya langsung mengawasi secara melekat mulai dari Bogor, Senin (26/2/2019).

“Pengawasan disiapkan ada personil dan staf serta dibantu dari panwascam. Kalau untuk di Bogor langsung diawasi Bawaslu Palembang,” pungkasnya. (Yanti)