Candi Borobudur, Situs ‘World Heritage’ Warisi Wisata Religi dan Sejarah

Treveling Dan Tempat Wisata
Candi Borobudur , Wisata Candi Borobudur

lamanqu.id – Yang menarik saat bicara wisata itu kita tak boleh terlepas dari 3 hal:
1. Perencanaan awal berangkat
2. Gambaran umum tempat wisata yang dituju
3. Pulang membawa sejuta kenangan. Jika anda pendapat lain ya monggo mongo aja rek.

Sesuai judul kali ini kita ngebahas sosok candi yang fenomenal yang menjadi icon bangsa yaitu Borobudur.

Selain merupakan salah satu wisata tunggal di Indonesia yang selalu saja di banjiri wisatawan domestik maupun wisatawan manca negara setiap harinya, terlebih menjelang perayaan waisak.

Monumen berupa candi ini merupakan kuil budha terbesar yang telah diakui oleh dunia dan juga masuk dalam salah satu situs warisan dunia.

Sebenarnya ada banyak sekali hal-hal yang dapat Anda lakukan selama berkunjung ke Borobudur. Namun, semua itu kembali lagi kepada Anda dalam memanfaatkan semua yang ada disana.

Berikut ini kami telah merangkumkan hal-hal apa sajakah yang dapat Anda lakukan atau dapatkan di candi borobudur.

Hunting (Berburu) Foto

Anda gila jika tidak takjub terhadap pesona keindahan dari borobudur? Setiap pengunjung pastinya tidak ingin ketinggalan untuk mengabadikan momen indah bersama disini.

Tak hanya wisatawan biasa, namun para fotografer pun berlomba-lomba mendapatkan hasil terbaik dalam mengabil gambar di candi borobudur ini.

Terlebih lagi momen menjelang sore hari, banyak pengunjung menantikan momen ini untuk mendapakat suasana yang tepat.

Jika Anda ingin mendapatkan foto yang indah sebagai kenangan Anda bersama keluarga di situs bersejarah ini, tak ada salahnya jika Anda menggunakan jasa fotografer disana yang berlalu lalang.

Belajar Sejarah

Terdapat ribuan panel relief yang terukir di sepanjang dinding candi yang akan menceritakan mengenai 3 tingkatan kehidupan Buddha, yaitu Kamadhatu, Rupadhatu, dan Arupadhatu.

Kamadhatu tergambar pada relief di bagian bawah candi yang menceritakan tentang perilaku buruk manusia yang dipenuhi nafsu dunia dan membuatnya masuk neraka.

Kemudian, relief bagian tengah candi disebut Rupadhatu, yang menceritakan tentang manusia yang sudah terbebas dari hawa nafsu dunia.

Sedangkan relief teratas adalah Arupadhatu. Relief ini menggambarkan tingkatan pencapaian teratas di mana para dewa bersemayam.

Jika Anda tidak bisa membaca relief, Anda dapat menyewa jasa pemandu wisata candi borobudur, mereka akan memandu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai sejarah borobudur.

Berkeliling komplek candi

Penat dengan kesibukan kota bising dan berdebu, disini Anda dapat bersantai-santai dan berkeliling menghipur udara di ketiar komplek candi borobudur.
Dengan ditemani kemegahan candi borobudur, seakan perasaan lelah akan tidak terasa.

Jangan Lupa Berburu Souvenier

Jika Anda berkunjung ke tempat ikonik dan bersejarah yang luar biasa ini tentunya akan terasa sayang sekali apabila Anda tidak membeli beberapa oleh-oleh.

Ada banyak sekali barang yang dapat Anda beli di kios-kios sekitar candi borobudur, seperti kaos, topi, tas, miniatur candi borobudur, gantungan kunci dan lain sebagainya.

Berapa Harga Tiket Masuk Ke Candi Borobudur?

Terdapat dua harga khusus untuk wisatawan domestik dan juga manca negara sebagai berikut:

Untuk wisatan domestik atau Indonesia, Anda hanya akan dikenakan biaya Rp 30.000 untuk orang dewasa dan juga Rp 12.500 untuk anak-anak.

Sedangkan, untuk wisatan manca negara akan dikenakan biaya $20 USD untuk dewasa dan juga $10 untuk anak-anak.

Kapan Anda Dapat Berkunjung Ke Borobudur?

Candi Borobudur buka setiap harinya termasuk hari libur dengan jam operasional mulai pukul 06.00 sampai dengan 17.00 WIB. Untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga, Anda dapat berkunjung kesini setiap saat.

Dimana Lokasi Candi Borobudur Berada?

Candi borobudur berada di kecamatan borobudur, kabupaten Magelang, provinsi jawa tengah.

Berada 40 KM ke arah barat laut dari Kota Yogyakarta dan 100 KM ke arah barat daya dari Kota Semarang.

Terletak di sebuah lembah hijau yang dikelilingi oleh pegunungan yang megah, menjadikan kunjungan ke Borobudur merupakan pengalaman yang tak terlupakan.

Bagaimana Cara Menuju Candi Borobudur?

Untuk kemudahan, sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi semisal mobil. Karena selain dapat memilih jalur sendiri, Anda juga dapat menghemat waktu perjalanan.

Namun jika Anda ingin menggunakan transportasi umum, berikut ini kami telah menyiapkan beberapa alternatif:

Transportasi Udara

untuk saat ini belum tersedia bandara di Magelang maupun kota di sekeliling borobudur, untuk itu Anda bisa mengambil jalur ke Kota Semarang (100 km dari borobudur) atau bisa juga ke Kota Yogyakarta (40 km dari Borobudur).

Lalu untuk menuju candi borobudur yang berada di Magelang dilanjutkan melalui transportasi darat.

Transportasi Darat

Setelah Anda sampai di kota yogyakarta maupun Semarang, Anda dapat menyewa jasa taksi untuk menuju lokasi wisata. Untuk menghemat biaya, sangat di sarankan untuk mengambil jalur dari yogyakarta menuju magelang dengan bus dengan biaya sekitar 15 ribu rupiah saja.

Lalu Anda bisa melanjutkan menggunakan taksi dari kota megelang menuju obyek wisata candi borobudur. Jarak yang di tempuh untuk dapat mencapai borobudur hanya memakan waktu 30 menit dari pusat kota Magelang.

Itu saja cerita wisata ke Candi Borobudur rek yang dapat kita bagi kali ini. Jika konco konco mau berangkat ke Candi megah ini ojo lali uraian diatas jadikan referensi. Terakhir buang lah sampah pada tempatny. Kita ketemu lagi di destinasi wisata akan datang.