Merah Berbulu Berasa Manis, Ternyata Rambutan Mengandung Unsur Kesehatan Ini

Kesehatan
Buah rambutan , Manfaat buah rambutan , Rambutan
????????????????????????????????????

lamanqu.id – Perhatikan lah secara seksama buah rambutan, bukan kulitnya tapi isi nya sekilas mirip seperti buah leci. Meski sama-sama berwarna merah dan terasa segar, buah rambutan sangat mudah dibedakan hanya dengan melihat rambut yang tumbuh pada kulit buahnya, sehingga berbeda dengan buah leci.

Kebanyakan orang yang belum tahu kalau buah rambutan termasuk buah super karena berkhasiat untuk kesehatan. Berbagai manfaat buah rambutan antara nya:

1. Kaya nutrisi dan antioksidan

Seperti hal semua jenis buah pada umumnya, buah rambutan kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Dilansir dari Healthline, setiap 100 gram daging rambutan mengandung 1,3-2 gram serat yang baik untuk tubuh. Bahkan, kandungan serat ini setara dengan apel, jeruk, atau pir dalam berat yang sama, lho!

Ditemukan manfaat buah rambutan lainnya juga dapat membantu menyerap zat besi lebih mudah di dalam tubuh. Ini karena buah rambutan mengandung kaya vitamin C yang berperan sebagai antioksidan alias penangkal radikal bebas.

Umpama anda mengonsumsi 5-6 buah rambutan setiap hari, maka Anda sudah dapat memenuhi 50 persen kebutuhan vitamin C harian. Semakin banyak antioksidan yang masuk ke dalam tubuh, maka sel-sel tubuh Anda tentu akan semakin terlindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kemudian selain kaya vitamin, buah rambutan juga mengandung banyak mineral penting, lho! Mineral utamanya terletak pada kandungan tembaga dalam daging rambutan. Tembaga ini berperan penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan berbagai sel tubuh, baik sel tulang, otak, dan jantung.

Cukup dengan makan 100 gram atau setara dengan 4 buah daging rambutan saja, Anda sudah memenuhi 20 persen kebutuhan tembaga harian Anda, lho! Bahkan, Anda juga mendapatkan asupan mangan, fosfor, kalium, magnesium, besi dan, seng dari buah rambutan, meskipun jumlahnya lebih sedikit.

2. Melancarkan pencernaan

Apakah akhir-akhir ini Anda punya masalah sembelit alias susah buang air besar? Kalau ya, coba rasakan manfaat buah rambutan yang satu ini, yuk!

Rambutan termasuk salah satu jenis buah-buahan yang baik untuk melancarkan pencernaan. Sekitar setengah daging buah rambutan mengandung serat tidak larut air. Maksudnya, jenis serat ini tidak menyatu dengan air dan langsung melewati sistem pencernaan.

Oleh sebab itu, sebagian besar serat tidak larut air tadi langsung masuk ke sistem pencernaan dan mendorong kotoran di dalam usus. Nah, hal inilah yang akan membuat pencernaan Anda jadi lebih lancar dan lebih mudah mengeluarkan tinja saat buang air besar.

Sebagian kandungan serat lainnya pada buah rambutan termasuk serat larut air. Beda dengan jenis serat sebelumnya, serat larut air ini akan menjadi makanan bagi bakteri usus untuk menghasilkan asam lemak rantai pendek. Misalnya asetat, propionat, dan butirat yang menjadi makanan bagi sel-sel usus.

Asam lemak rantai pendek tersebut berfungsi untuk mengurangi peradangan dan memperbaiki gejala gangguan usus. Mulai dari sindrom iritasi usus (IBS), penyakit Crohn, dan kolitis ulseratif.

3. Membantu menurunkan berat badan

Sama seperti kebanyakan buah-buahan lainnya, makan rambutan bisa menjadi senjata utama bagi Anda yang ingin melangsingkan tubuh dengan cara yang sehat. Ya, buah yang satu ini bisa membantu mencegah kenaikan berat badan sekaligus menurunkan berat badan, lho!

Setiap 100 gram daging rambutan yang Anda makan mengandung 75 kalori dan 1,3-2 gram serat. Kandungan serat tinggi dan kalori rendah inilah yang tidak akan membuat Anda gemuk meskipun makan buah rambutan dalam jumlah banyak.

Selain itu, kandungan serat larut airnya yang melimpah juga dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Hanya dengan makan buah rambutan saja, nafsu makan Anda dijamin akan berkurang dan justru merasa kenyang lebih lama. Alhasil, Anda akan lebih mampu menahan kebiasaan makan berlebihan yang bisa bikin berat badan naik drastis.

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Anda merasa jadi gampang sakit akhir-akhir ini, entah itu flu, batuk, atau pilek? Coba makan buah rambutan sedikit demi sedikit.

Para ahli mengungkapkan bahwa manfaat buah rambutan bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut sebuah penelitian dalam jurnal LWT-Food Science and Technology tahun 2009, buah rambutan mengandung sifat antioksidan dan antibakteri yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Yang nama nya Antioksidan sesungguhnya berasal dari kandungan vitamin C pada buah rambutan. Asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh mendorong produksi sel darah putih untuk melawan infeksi. Semakin sedikit vitamin C dalam tubuh, maka sistem imun Anda akan semakin lemah dan rentan terhadap infeksi.

Jadi itulah uraian singkat mengenai rambutan. Semogah berguna