Penguatan Kades dan Lurah Di Cirebon, Saber Pungli Polri Pencegahan Lakukan Sosialisasi

Hukum
Pungli , Saber Pungli

Cerebon, lamanqu.id – Satuan Tugas Saber Pungli Jawa Barat menggelar sosialisasi mengusung tema ” Peran Satgas Saber Pungli Dalam Memberantas Pungli pada Sektor Pelayanan di Desa dan Kelurahan ” bertempat di Aston Cerebon Hotel & Convention Center, Kertawinangan, Kedawung, Cirebon, Kamis (20/12/2018).

Kegiatan sosialisasi Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat di ikuti 430 orang peserta terdiri dari Lurah, Kepala Desa, Kepala Dinas bidang pelayanan publik se-Kabupaten Cerebon. Turut hadir dalam acara sosialisasi diantaranya Bupati Cerebon yang diwakili H. Abdul Hasan Sekretaris Inspektorat Kabupaten Cerebon, AKBP Harso Pudjo Hartono, S.H Kabid Ops Satgas Saber Pungli Provinsi Jabar, Drs. Wardana, M.M Kabid Bina Desa DPMD Provinsi Jabar, Suharso Rusidi, S.H, M.H Jaksa Utama Pratama dan Drs. H. M.S. Iriyanto.

Tujuan dari kegiatan sosialisasi tersebut untuk melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pungutan liar pada sektor pelayanan di desa dan kelurahan.

Sekertaris II Saber Pungli Jawa Barat AKBP Dr. Rusman, S.H, M.H menyampaikan bahwa Sosialisasi ini dimaksudkan agar para kepala Desa selaku pengelola Dana Desa agar amanah dan sesuai peruntukannya guna untuk meningkatkan kesejahteraan warga desanya, dan mendorong pertumbuhan ekonomi didesa harus berani menolak pihak pihak yang tidak bertanggung meminta jata bagian, Jelasnya. Ditambahkan Dr. Rusman Sosialisasi yg di Cerebon ini merupakan program dari Pokja Pencegahan, yg merupakan giat terakhir di Tahun 2018. Diharapkan dapat mencegah para Kepala Desa yg diproses karena melakukan korupsi penyalahgunaan dana Desa, Pungkasnya. (um)