Paus Fransiskus Tuding Setan Penyebab Skandal Gereja

News
Paus Fransiskus , Vatikan

lamanqu.id — Paus Fransiskus menyalahkan setan atas krisis yang terjadi di Gereja Katolik. Vatikan kini tengah menghadapi masalah besar terkait dugaan pelecehan seksual oleh pemuka gereja dan perpecahan antarkelompok.

“Setan telah hidup dan bekerja tak kenal waktu untuk menghancurkan Gereja Katolik Roma,” sebut Paus Fransiskus seperti dikutip dari Reuters, Senin (8/10).
Untuk mencegah perpecahan gereja, Paus meminta umat Katolik sedunia bersatu, serta memanjatkan doa khusus setiap hari selama Oktober untuk melawan pekerjaan setan.

“(Gereja harus) diselamatkan dari serangan para pemfitnah, penuduh besar,” sambung Paus.
Penuduh dan pemfitnah merupakan terminologi yang digunakan Paus untuk mendeskripsikan iblis.
Sejak pertama kali terpilih 2013 lalu, pria asal Argentina selalu menegaskan ia menyebut keberadaan setan itu nyata. Bahkan pernyataan itu kembali diulangi Paus pada kotbah terbarunya pada akhir September lalu.

“Jangan pikir setan itu mistis, representasi, simbol, ide. Kesalahan itu akan membuat kita jatuh, dan menumbuhkan ketidakpedulian serta membuat kita rentan,” papar dia.
Saat ini, gereja Katolik berhadapan dengan tuduhan pelecehan seksual di beberapa negara, seperti Jerman, Amerika Serikat, Australia, dan Cile.

Bukan cuma masalah pelecehan seksual, Vatikan juga berhadapan dengan perpecahan antara kelompok konservatif dan liberal. (kumparan)