Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dan UNPSA Tahun 2018 Kembali Diterima Pemkab Muara Enim

News
Prestasi Pemkab Muara Enim

Muara Enim, lamanqu.id — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim kembali meraih penghargaan. Kali ini, penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) berhasil diraih.

Ada dua Inovasi Top dari Kabupaten Muara Enim yang terpilih, yakni Rumah Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKMK) Gerbang Serasan dan layanan “Silakan Deh” (Layanan Keuangan dan Aset Daerah).

Selain penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018. Pemkab Muara Enim juga menerima penghargaan atas keikutsertaan mewakili Indonesia dalam United Nations Public Service Awards (UNPSA) Tahun 2018 melalui inovasi Gerbang Serasan.

UNPSA merupakan ajang kompetisi pelayanan publik tingkat dunia yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Penghargaan tersebut langsung diserahkan oleh Menteri Menpan-RB, Komjen Pol Syafruddin kepada Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani, bertempat di Grand Ballroom Hotel Shangri-La Surabaya, Kamis malam (19/09/2018).

“Saya bangga terhadap prestasi yang diraih Pemkab Muara Enim. Dan sangat bersyukur serta bangga atas terpilihnya dua Inovasi dari Kabupaten Muara Enim. Prestasi ini merupakan kerja keras dan usaha dari setiap elemen pemerintahan” tutur Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani.

Pada kesempatan itu, Yani menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Muara Enim yang telah menjadi finalis dalam acara ini.

Rumah UMKMK Gerbang Serasan, jelas Yani, merupakan inovasi yang mengoptimalkan fungsi Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) dalam mendampingi UMKMK.

“Peran KKMB dalam melakukan pembinaan terhadap kapasitas UMKMK tidak hanya dalam kaitannnya dengan akses perbankan tetapi juga penguatan kapasitas UMKMK,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Yani, Rumah UMKMK Gerbang Serasan juga merupakan pusat dalam mengakses berbagai informasi dan fasilitas demi kemajuan usahanya sehingga mereka bisa mengembangkan bisnis,” terang Yani.

Yani juga menerangakan Inovasi “SIlakan Deh” berupa Layanan Keuangan dan Aset Daerah. Kata Yani, layanan ini adalah inovasi berupa layanan “one stop services” dalam bidang pengelolaan keuangan dan aset daerah.

Layanan yang disediakan berupa penyediaan fasilitas laboratorium keuangan dilengkapi dengan layanan pemberian konsultasi pendamping atau bimbingan teknis.

Yani berharap, penghargaan yang diterima Kabupaten Muara Enim dapat menjadi motivasi dan memacu perangkat daerah lainnya untuk berlomba-lomba menciptakan inovasi. Dimana pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas Pelayanan Publik di Kabupaten Muara Enim.

“Dan hal ini juga menjadi salah satu motivasi saya dan H Juarsah selaku Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim yang baru saja dilantik untuk berkomitmen melakukan perubahan ke arah lebih baik di Muara Enim,” ucap Yani.

Turut hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Muara Enim H Juarsah SH, Asisten Administrasi Umum, Kepala Bappeda dan Kepala Bagian Organisasi Setda. (eko)