Potensi Padi Lebak Komoditas Lawas Tetap Menjanjikan Pemkot Palembang Targetkan 5.775 Hektar Lahan Sawah

News
 Pemerintah Kota Palembang , Palembang , Sumatera Selatan

Palembang, lamanqu.id-Padi lebak Kota Palembang untuk masa tanam April – September telah memasuki waktu panen. Kamis (2/8/2018) dilaksanakan Panen Raya sawah lebak di Kelurahan Karya Jaya, kecamatan Kertapati Palembang.

Secara simbolis Plh Walikota Palembang Harobin Mustofa memulai Panen padi tersebut.

Harobin Mustofa menyambut gembira Panen padi lebak ini,  Dirinya mengungkapkan suatu capaian yang sangat bagus, Palembang sebagai Kota metropolitan namum bisa menghasilkan panen padi yang cukup banyak.

“Pada tahun 2017 kota Palembang mampu menghasilkan 23.160 ton gabah kering padi dan 2.574 ton gabah giling pada musin tanam Oktober – Maret, dan pada tahun 2018 ini Pemerintah Kota Palembang menargetkan penanaman padi sawah lebak seluas 5.775 hektare” Ungkap Harobin.

Lebih lanjut Harobin mengatakan, orang banyak tidak menyangka Kota Palembang masih ada lahan pertaniannya.

“Selama ini di Sumatera Selatan banyak orang orang tahu penghasil padi itu dari Kabupaten Banyiuasin dan OKU, ternyata Kota Palembang salah satu penyumbang padi di Sumatera Selatan ini, ini tentu sebuah prestasi, mengingat Palembang merupakan Kota metropolitan, namun kita mampu memaksimalkan potensi pertanian yang ada” Kata Harobin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang Sayuti menjelaskan, Kecamatan Kertapati ini merupakan Kecamatan dengan lahan pertanian paling luas dibandingkan dengan Kecamatan yang lain.

“Dari 18 Kecamatan yang ada, hanya 12 Kecamatan yang memiliki lahan pertanian, sisanya berada di tengah-tengah kota, dan Kecamatan Kertapati merupakan daerah dengan lahan pertanian paling luas, maka dari itu kami sangat memaksimalkan wilayah tersebut” Terang Sayuti.